Kamis, 10 Maret 2011

RPP Transmisi dan Kopling

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah : SMK YPB Purwakarta
Mata Pelajaran : Kompetensi Kejuruan
Kelas/Semester : X1/3
Pertemuan ke : 1-3
Alokasi Waktu :4 x 45 menit


Standar Kompetensi : Memperbaiki Unit Kopling dan Komponen-komponen
Kompetensi Dasar : Memelihara/ servis unit kopling dan komponen-komponen sistem pengoperasian.

Indikator
:
 Pemeliharaan/servis unit kopling dan komponen-komponen sistem pengoperasian dilaksanakan tanpa menyebabkan kerusakan terhadap komponen/sistem lainnya.
 Informasi yang benar diakses dari spesifikasi pabrik dan dipahami.
 Semua prosedur pemeliharaan/servis dilaksanakan berdasarkan spesifikasi dan toleransi standar pabrik
 Seluruh kegiatan pemeliharaan/servis unit kopling dilaksanakan berdasarkan SOP (Standard Operation Procedures), undang-undang K 3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja), peraturan perundang-undangan dan prosedur/ kebijakan perusahaan.
.
A. Tujuan Pembelajaran

1. Siswa dapat memahami fungsi dan prinsip kerja sistem kopling
2. Siswa dapat menjelaskan cara kerja sistem kopling
3. Siswa dapat mengetahui jenis-jenis kopling dan pengendalinya
4. Siswa dapat melakukan pemeliharaan kopling sesuai SOP
B. Materi Pembelajaran

1. Fungsi dan Prinsip kerja kopling
2. Jenis-jenis kopling serta komponen-komponen kopling
3. Jenis-jenis sistem pengendali kopling
4. Langkah-langkah pemeliharaan sistem kopling sesuai SOP.
5. langkah-langkah penyetelan unit kopling
6. Data spesifikasi pabrik



C. Metode Pembelajaran
Ceramah Variatif, demonstrasi dan praktek

Langkah-langkah Pembelajaran

1. Pendahuluan
Absensi Siswa
Apersepsi : 15 menit
Kopling pada kendaraan berfungsi untuk menghubungkan dan memutuskan putaran/tenaga mesin ke transmisi, kopling terdapat pada setiap kendaraan dan mempunyai peranan penting.

2. Kegiatan Inti
1. menjelaskan fungsi dan cara kerja kopling
2. menjelaskan jenis-jenis kopling dan pengendalinya
3. memperlihatkan/ menunjukan komponen-komponen kopling
4. mendemonstrasikan langkah-lngkah pemeliharaan dan perbaikkan sesuai dengan SOP

3. Penutup
Kesimpulan dan tugas
Do’a.

D. Alat/ Sumber/ Bahan Pembelajaran

New step 1 Toyota
Modul kopling
Unit kopling
CD pembelajaran interaktif
Manual book Toyota

E. Penilaian
Tes tertulis dan praktek


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah : SMK YPB Purwakarta
Mata Pelajaran : Kompetensi Kejuruan
Kelas/Semester : X1/3
Pertemuan ke : 4-7
Alokasi Waktu :4 x 45 menit


Standar Kompetensi : Memperbaiki Unit Kopling dan Komponen-komponen
Kompetensi Dasar : . Memperbaiki sistem kopling dan komponen-komponennya

Indikator
 Pembongkaran dan perbaikan dilaksanakan tanpa menyebabkan kerusakan terhadap komponen/sistem lainnya.
 Informasi yang benar di-akses dari spesifikasi pabrik dan dipahami.
 Semua prosedur pembongkaran dan perbaikan dilaksanakan berdasarkan spesifikasi pabrik dan toleransi.
 Seluruh kegiatan pembongkaran dan perbaikan dilaksanakan berdasarkan SOP (Standard Operation Procedures), undang-undang K 3 (Keselamatan dan Kese-hatan Kerja), peraturan perundang-undangan dan prosedur/ kebijakan perusa-haan.


A. Tujuan Pembelajaran

1. Siswa dapat melakukan proses pembongkaran, pemeriksaan dan pemasangan komponen unit kopling sesuai SOP
2. Siswa dapat melakukan proses perbaikkan unit kopling sesuai dengan SOP

B. Materi Pembelajara

1. Langkah-langkah pembongkaran, pemeriksaan dan pemasangan unit kopling sesuai SOP
2. Langkah-langkah perbaikan sistem kopling sesuai SOP

C. Metode Pembelajaran
Ceramah Variatif, demonstrasi dan praktek

Langkah-langkah Pembelajaran

1. Pendahuluan
Absensi Siswa
Apersepsi : 15 menit
Proses perbaikkan yang sesuai dengan standar opoerating procedure akan menyebabkan unit kopling bisa bekerja dengan baik dan mengurangi resiko kerusakan komponen dan resiko unit kopling bekerja tidak baik

2. Kegiatan Inti
1. mendemonstrasikan langkah-langkah pembongkaran, pemeriksaan dan pemasangan komponen unit kopling sesuai SOP
2. mendemonstrasikan langkah-langkah perbaikkan sesuai dengan SOP

3. Penutup
Kesimpulan dan tugas
Do’a.

D. Alat/ Sumber/ Bahan Pembelajaran

Unit kopling
Manual book Toyota

E. Penilaian
Tes praktek

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah : SMK YPB Purwakarta
Mata Pelajaran : Kompetensi Kejuruan
Kelas/Semester : X1/3
Pertemuan ke : 16-18
Alokasi Waktu :4 x 45 menit


Standar Kompetensi : Memelihara Transmisi
Kompetensi Dasar : Memelihara transmisi manual dan komponen-komponen

Indikator
 Pemeliharaan/servis transmisi manual dan komponen-komponennya tanpa menyebabkan kerusakan terhadap komponen atau sistem lainnya.
 Informasi yang benar di-akses dari spesifikasi pabrik dan dipahami.
 Data yang tepat dilengkapi sesuai hasil pemeliharaan/ servis.
 Pemeliharaan/servis transmisi manual dilaksanakan sesuai dengan pedoman industri yang ditetapkan.
 Seluruh kegiatan peme-liharaan/servis dilaksana-kan berdasarkan SOP (Standard Operation Procedures), undang-undang K 3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja), peraturan perundang-undangan dan prosedur/ kebijakan perusahaan


A. Tujuan Pembelajaran

1. Siswa dapat memahami prinsip kerja transmisi manual dan komponen-komponennya melalui penggalian informasi dari buku manual.
2. Siswa dapat mengidentifikasii Konstruksi dan fungsi transmisi manual dan komponen-komponennya melalui penggalian informasi dari buku manual.
3. Siswa dapat mengidentifikasi peralatan pemeliharaan/servis transmisi manual sesuai spesifikasi pabrik.
4. Siswa dapat mempelajari prosedur pemeliharaan/servis transmisi manual dan komponen-komponennya melalui penggalian dari buku manual.
5. Siswa dapat melakukan pemeliharaan/servis transmisi manual dan komponen-komponennya sesuai SOP .

B. Materi Pembelajara

1. Prinsip kerja dan fungsi transmisi manual
2. Jenis-jenis Konstruksi dan komponen-komponennya
3. Komponen-komponen transmisi manual yang perlu diperiksa/diservis.
4. Data-data spesifikasi pabrik.
5. Langkah kerja pemeli-haraan/servis transmisi manual

C. Metode Pembelajaran
Ceramah Variatif, demonstrasi dan praktek

Langkah-langkah Pembelajaran

1. Pendahuluan
Absensi Siswa
Apersepsi : 15 menit
Transmisi berfungsi untuk mendapatkan variasi percepatan dan momen sesuai dengan kondisi jalan dan beban, memungkunkan kendaraan bergerak lembut pada awal bergerak dan memungkinkan kendaraan dapat bergerak mundur. Transmisi merupakan sistem yang penting dalam kendaraan yang berperan sebagai salah satu pemindah tenaga, sehingga perawatannya harus dilakukan sesuai standar.
2. Kegiatan Inti
1. Menjelaskan Prinsip kerja dan fungsi transmisi manual
2. Menjelaskan Jenis-jenis Konstruksi transmisi manual dan komponen-komponennya
3. Memperlihatkan Komponen-komponen transmisi manual yang perlu diperiksa/diservis.
4. Menjelaskan Data-data spesifikasi pabrik.
5. Menjelaskan dan mendemostrasikan Langkah kerja pemeliharaan/servis transmisi manual

3. Penutup
Kesimpulan dan tugas
Do’a.

D. Alat/ Sumber/ Bahan Pembelajaran

Modul transmisi manual
Unit transmisi tipe sincromesh 4 speed
Manual book Toyota

E. Penilaian
Tes tulis dan praktek


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah : SMK YPB Purwakarta
Mata Pelajaran : Kompetensi Kejuruan
Kelas/Semester : X1/3
Pertemuan ke : 19-21
Alokasi Waktu :4 x 45 menit


Standar Kompetensi : Memelihara Transmisi
Kompetensi Dasar : . Memelihara transmisi Otomatis dan komponen-komponen

Indikator
 Pemeliharaan/servis trans-misi otomatis dilaksanakan tanpa menyebabkan keru-sakan terhadap komponen/sistem lainnya.
 Informasi yang benar diakses dari spesifikasi pabrik dan dipahami.
 Pemeliharaan/servis pada komponen-komponen trans-misi dilaksanakan sesuai spesifikasi kendaraan mengenai metode dan perlengkapan
 Data yang tepat dilengkapi sesuai hasil pemeriksaan/ servis.
 Seluruh kegiatan pemeli-haraan/ servis sistem transmisi dilaksanakan berdasarkan SOP (Standard Operation Procedures), undang-undang K 3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja), peraturan perundang-undangan dan prosedur/ kebijakan perusahaan.

A. Tujuan Pembelajaran

1. Siswa dapat Memahami prinsip kerja transmisi otomatis melalui penggalian infomasi pada buku manual.
2. Siswa dapat mengidentifikasi konstruksi transmisi otomatis dan komponen-komponennya.
3. Siswa dapat melaksanakan Prosedur pemeliharaan/servis transmisi otomatis dan komponen-komponennya melalui kegiatan penggalian informasi buku manual.
4. Siswa dapat Melepas dan memasang transmisi otomatis dari kendaraan sesuai SOP.
5. Siswa dapat Memeriksa tuas-tuas penggerak tansmisi melalui perawatan berkala
6. Siswa dapat Melakukan pengisian minyak pelumas transmisi dan greasing melalui kegiatan perawatan berkala

B. Materi Pembelajara

1. Prinsip kerja dan konstruksi transmisi otomatis
2. komponen-komponen transmisi otomatis
3. Komponen-komponen transmisi otomatis yang perlu diperiksa/diservis.
4. Data-data spesifikasi pabrik.
5. Langkah kerja pemeliharaan/servis transmisi otomatis
6. Pelumas transmisi otomatis

C. Metode Pembelajaran
Ceramah Variatif, demonstrasi dan praktek

Langkah-langkah Pembelajaran

1. Pendahuluan
Absensi Siswa
Apersepsi : 15 menit
Transmisi berfungsi untuk mendapatkan variasi percepatan dan momen sesuai dengan kondisi jalan dan beban, memungkunkan kendaraan bergerak lembut pada awal bergerak dan memungkinkan kendaraan dapat bergerak mundur. Transmisi merupakan sistem yang penting dalam kendaraan yang berperan sebagai salah satu pemindah tenaga, sekarang berkembang teknologi transmisi otomatis proses kerja secara otomatis tergantung beban dan kondisi jalan, dengan menggunakan bantuan sistem hidrolik.

2. Kegiatan Inti
1. Menjelaskan Prinsip kerja dan konstruksi transmisi otomatis
2. Memperlihatkan komponen-komponen transmisi otomatis
3. Memperlihatkan Komponen-komponen transmisi otomatis yang perlu diperiksa/diservis.
4. Menjelaskan Data-data spesifikasi pabrik.
5. Menjelaskan dan mendemonstrasikan Langkah kerja pemeliharaan/servis transmisi otomatis
6. Menjelaskan Pelumas transmisi otomatis

3. Penutup
Kesimpulan dan tugas
Do’a.

D. Alat/ Sumber/ Bahan Pembelajaran

Modul transmisi manual
Unit transmisi tipe sincromesh 4 speed
Manual book Toyota

E. Penilaian
Tes tulis dan praktek


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah : SMK YPB Purwakarta
Mata Pelajaran : Kompetensi Kejuruan
Kelas/Semester : X1/3
Pertemuan ke : 12-13
Alokasi Waktu :4 x 45 menit


Standar Kompetensi : Memelihara Transmisi
Kompetensi Dasar : Mengidentifikasi transmisi manual dan komponen-komponennya

Indikator
 Pemeliharaan/servis transmisi manual dan komponen-komponennya tanpa menyebabkan kerusakan terhadap komponen atau sistem lainnya.
 Informasi yang benar di-akses dari spesifikasi pabrik dan dipahami.
 Data yang tepat dilengkapi sesuai hasil pemeliharaan/ servis.
 Pemeliharaan/servis transmisi manual dilaksanakan sesuai dengan pedoman industri yang ditetapkan.
 Seluruh kegiatan peme-liharaan/servis dilaksana-kan berdasarkan SOP (Standard Operation Procedures), undang-undang K 3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja), peraturan perundang-undangan dan prosedur/ kebijakan perusahaan


A. Tujuan Pembelajaran
B. Siswa dapat memahami prinsip kerja transmisi manual dan komponen-komponennya melalui penggalian informasi dari buku manual.
C. Siswa dapat mengidentifikasii Konstruksi dan fungsi transmisi manual dan komponen-komponennya melalui penggalian informasi dari buku manual.
D. Siswa dapat mengidentifikasi peralatan pemeliharaan/servis transmisi manual sesuai spesifikasi pabrik.
E. Siswa dapat mempelajari prosedur pemeliharaan/servis transmisi manual dan komponen-komponennya melalui penggalian dari buku manual.
F. Siswa dapat melakukan pemeliharaan/servis transmisi manual dan komponen-komponennya sesuai SOP .

G. Materi Pembelajara

1. Prinsip kerja dan fungsi transmisi manual
2. Jenis-jenis Konstruksi dan komponen-komponennya
3. Komponen-komponen transmisi manual yang perlu diperiksa/diservis.
4. Data-data spesifikasi pabrik.
5. Langkah kerja pemeli-haraan/servis transmisi manual

H. Metode Pembelajaran
Ceramah Variatif, demonstrasi dan praktek

Langkah-langkah Pembelajaran

1. Pendahuluan
Absensi Siswa
Apersepsi : 15 menit
Transmisi berfungsi untuk mendapatkan variasi percepatan dan momen sesuai dengan kondisi jalan dan beban, memungkinkan kendaraan bergerak lembut pada awal bergerak dan memungkinkan kendaraan dapat bergerak mundur. Transmisi merupakan sistem yang penting dalam kendaraan yang berperan sebagai salah satu pemindah tenaga, sehingga perawatannya harus dilakukan sesuai standar.
2. Kegiatan Inti
6. Menjelaskan Prinsip kerja dan fungsi transmisi manual
7. Menjelaskan Jenis-jenis Konstruksi transmisi manual dan komponen-komponennya
8. Memperlihatkan Komponen-komponen transmisi manual yang perlu diperiksa/diservis.
9. Menjelaskan Data-data spesifikasi pabrik.
10. Menjelaskan dan mendemostrasikan Langkah kerja pemeliharaan/servis transmisi manual

3. Penutup
Kesimpulan dan tugas
Do’a.

I. Alat/ Sumber/ Bahan Pembelajaran

Modul transmisi manual
Unit transmisi
Manual book Toyota

J. Penilaian
Tes tulis dan praktek


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah : SMK YPB Purwakarta
Mata Pelajaran : Kompetensi Kejuruan
Kelas/Semester : X1/3
Pertemuan ke : 14-15
Alokasi Waktu :4 x 45 menit


Standar Kompetensi : Memelihara Transmisi
Kompetensi Dasar : Mengidentifikasi transmisi otomatis dan komponen-komponennya

Indikator
 Pemeliharaan/servis transmisi otomatis dan komponen-komponennya tanpa menyebabkan kerusakan terhadap komponen atau sistem lainnya.
 Informasi yang benar di-akses dari spesifikasi pabrik dan dipahami.
 Data yang tepat dilengkapi sesuai hasil pemeliharaan/ servis.
 Pemeliharaan/servis transmisi otomatis dilaksanakan sesuai dengan pedoman industri yang ditetapkan.
 Seluruh kegiatan peme-liharaan/servis dilaksana-kan berdasarkan SOP (Standard Operation Procedures), undang-undang K 3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja), peraturan perundang-undangan dan prosedur/ kebijakan perusahaan


A. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat Memahami prinsip kerja transmisi otomatis melalui penggalian infomasi pada buku manual.
2. Siswa dapat mengidentifikasi konstruksi transmisi otomatis dan komponen-komponennya.
3. Siswa dapat melaksanakan Prosedur pemeliharaan/servis transmisi otomatis dan komponen-komponennya melalui kegiatan penggalian informasi buku manual.
4. Siswa dapat Melepas dan memasang transmisi otomatis dari kendaraan sesuai SOP.
5. Siswa dapat Memeriksa tuas-tuas penggerak tansmisi melalui perawatan berkala
6. Siswa dapat Melakukan pengisian minyak pelumas transmisi dan greasing melalui kegiatan perawatan berkala

B. Materi Pembelajaran

1. Prinsip kerja transmisi otomatis.
2. Komponen-komponen transmisi otomatis yang perlu diperiksa/diservis.
3. Data-data spesifikasi pabrik.
4. Langkah kerja pemeli-haraan/servis transmisi otomatis
C. Metode Pembelajaran
Ceramah Variatif, demonstrasi dan praktek

Langkah-langkah Pembelajaran

1. Pendahuluan
Absensi Siswa
Apersepsi : 15 menit
Transmisi berfungsi untuk mendapatkan variasi percepatan dan momen sesuai dengan kondisi jalan dan beban, memungkinkan kendaraan bergerak lembut pada awal bergerak dan memungkinkan kendaraan dapat bergerak mundur. Transmisi merupakan sistem yang penting dalam kendaraan yang berperan sebagai salah satu pemindah tenaga, sehingga perawatannya harus dilakukan sesuai standar.
2. Kegiatan Inti
1. Menjelaskan Prinsip kerja dan fungsi transmisi manual
2. Menjelaskan Jenis-jenis Konstruksi transmisi manual dan komponen-komponennya
3. Memperlihatkan Komponen-komponen transmisi manual yang perlu diperiksa/diservis.
4. Menjelaskan Data-data spesifikasi pabrik.
5. Menjelaskan dan mendemostrasikan Langkah kerja pemeliharaan/servis transmisi manual

3. Penutup
Kesimpulan dan tugas
Do’a.

D. Alat/ Sumber/ Bahan Pembelajaran

Modul transmisi otomatis
Unit transmisi
Manual book Toyota

E. Penilaian
Tes tulis dan praktek


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah : SMK YPB Purwakarta
Mata Pelajaran : Kompetensi Kejuruan
Kelas/Semester : X1/3
Pertemuan ke : 8-11
Alokasi Waktu :4 x 45 menit


Standar Kompetensi : Memperbaiki Unit Kopling dan Komponen-komponen
Kompetensi Dasar : overhoul sistem kopling dan komponen-komponennya.

Indikator
:
 Pelepasan dan pengganti-an kopling dan komponen-komponennya dilaksanakan tanpa menyebabkan keru-sakan terhadap komponen/ sistem lainnya.
 Informasi yang benar di-akses dari spesifikasi pabrik dan dipahami.
 Semua prosedur pelepasan dan penggantian dilaksanakan berdasarkan spesifikasi pabrik.
 Seluruh kegiatan pelepasan dan penggantian dilaksanakan berdasarkan SOP (Standard Operation Procedures), undang-undang K 3 (Keselamatan dan Kese-hatan Kerja), peraturan perundang-undangan dan prosedur/ kebijakan perusa-haan.
.
A. Tujuan Pembelajaran

1. Siswa dapat memahami konstruksi dan prinsip kerja sistem kopling
2. Siswa dapat mengidentifikasi kerusakan komponen
3. Siswa dapat melepas dan mengganti kopling sesuai SOP
4. Siswa dapat melakukan perbaikkan kopling sesuai SOP

B. Materi Pembelajaran

1. Konstruksi dan prinsip kerja kopling.
2. Identifikasi kerusakan
3. metoda pelepasan, perbaikan dan pemasangan kopling sesuai SOP.

C. Metode Pembelajaran
Ceramah Variatif, demonstrasi dan praktek

Langkah-langkah Pembelajaran

1. Pendahuluan
Absensi Siswa
Apersepsi : 15 menit
Kopling pada kendaraan berfungsi untuk menghubungkan dan memutuskan putaran/tenaga mesin ke transmisi, kopling terdapat pada setiap kendaraan dan mempunyai peranan penting. Proses penggantian komponen atau perbaikan kopling dilaksanakan harus sesuai SOP, agar hasil dari proses perbaikan maksimal dan kopling bisa bekerja secara optimal

2. Kegiatan Inti
1. Menjelaskan Konstruksi dan prinsip kerja kopling.
2. Menjelaskan cara Identifikasi kerusakan komponen
3. Menjelaskan dan mendemonstrasikan metoda pelepasan, perbaikan dan pemasangan kopling sesuai SOP.

3. Penutup
Kesimpulan dan tugas
Do’a.

D. Alat/ Sumber/ Bahan Pembelajaran

New step 1 Toyota
Modul kopling
Unit kopling
CD pembelajaran interaktif
Manual book Toyota

E. Penilaian
Tes tertulis dan praktek

Tidak ada komentar:

Posting Komentar